Senin, 09 Mei 2011

Cara Pasang Dan Membuat Read More Animasi

Selain Panduan Blog DETIK dan Tutorial BlogDETIK, aku memang sekaligus memanfaatkan blog ini untuk sekaligus memposting Panduan BloGGer dan Tutorial BloGGer karena kalau khusus tentang BlogDETIK kadang jadi bingung juga. Sangat terbatas sekali apa yang mau dibagikan tentang bagaimana mengolah desain blognya. Ya .. karena kebebasan yang diberikan tidak seluas Blogger. Entah apa sebabnya aku sendiri sama sekali nggak pernah tahu. Seperti halnya cara membuat dan mengembangkan fungsi read more ini. Hanya di BloGGer-lah segala kreatifitas ini bisa kulakukan.
Panduan BloGGer tentang read more animasi ini merupakan salah satu yang coba aku lakukan setelah sebelumnya aku buat sebuah read more yang sebelumnya belum pernah tersentuh oleh siapapun (mungkin saja karena aku sudah coba telusur selama dua hari dan tak kutemukan), yaitu sebuah read more yang sangat atraktif sekaligus menarik karena menggabungkan animasi dan efek marquee. Read more yang satu ini akan selalu bergerak dan akan berhenti ketika cursor menyentuhnya. Setelah read more animasi ini aku juga sedang merencanakan sebuah read more spesial lagi yang saat ini masih aku coba desainnya supaya begitu aku release tidak menimbulkan kekecewaan para sobat blogger. Semoga saja read more yang sedang aku garap ini cepat selesai.
Membuat sebuah read more animasi tidaklah sulit karena gambar animasi yang kita harus gunakan bisa kita peroleh dengan memanfaatkan layanan gratis di beberapa situs yang menyediakan pembuatan teks animasi maupun button read more yang bisa kita manfaatkan tanpa perlu susah payah membuat menggunakan software animasi. Tentu saja jika kita hanya memanfaatkan layanan ini maka hasil yang kita dapatkan tak akan seperti halnya jika kita membuatnya sendiri dengan Adobe PhotoShop dan Adobe ImageReady ataupun GIF Animation Software yang  lain. Meskipun demikian untuk sebuah tampilan read more bisa dikatakan sudah cukup memadai.

Langkah untuk membuat dan memasang Read More Animasi :

1. Login : Lakukan login ke Blogger terlebih dahulu.
2. Tata Letak : Setelah masuk di halaman Dasbor, silahkan KLIK “Tata Letak”, kemudian lanjutkan dengan KLIK “Edit HTML”.
3. Amankan Template : Lakukan pengamanan terlebih dahulu terhadap template sampeyan. Langkah pengamanan dilakukan untuk menjaga kerusakan desain blog apabila terjadi kesalahan selama proses penambahan kode. Cara mengamankan template bisa sampeyan KLIK .
4. Expand Template Widget : KLIK untuk membuka keseluruhan desain blog, sehingga seluruh kode html terlihat.
5. Cari kode di berikut :
Untuk memudahkan pencarian, cari kode yang tengah terlebih dahulu (), karena yang lain akan tepat berada di atas dan bawahnya. Gunakan Ctrl+F untuk mempercepat pencarian kode. Untuk mengetahui cara tercepat pencarian kode html, silahkan sampeyan KLIK .
Ganti kode di yang sudah ditemukan dengan kode seperti di bawah ini :
6. Simpan Template :  KLIK “Simpan Template” kemudian coba buat sebuah posting dengan menggunakan read more. Atau mungkin ada posting sampeyan yang sudah menggunakan fungsi read more, jika sudah ada langsung sajadibuka untuk melihat hasilnya.
7. Beberapa alamat di bawah ini bisa kalian manfaatkan untuk membuat berbagai teks animasi yang mungkin sampeyan perlukan untuk membuat teks read more tersendiri yang berbeda dengan yang lain.
  1. CoolText :
    http://cooltext.com
  2. Flamingtext : 
    http://www.flamingtext.com
  3. GRsites : 
    http://www.grsites.com
Apabila sampeyan butuh tutorial yang lebih lengkap lagi, sampeyan bisaKLIK “gambar animasi read more di atas”. Tersedia ratusan tutorial lain yang pasti membuat sampeyan malas untuk berangkat kerja.. Ha …..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar